TIME

Home » » Sejenak berada di daerah perbatasan Indonesia Serawak

Sejenak berada di daerah perbatasan Indonesia Serawak

Written By Unknown on Sabtu, 06 April 2013 | 16.05.00


Serba serbi di daerah perbatasan


Kesan menarik ketika berada di perbatasan Indonesia-Malaysia, Desa Temajuk di Kalimantan Barat bagai saudara kandung yang terlupakan. Kondisi warganya mengkhawatirkan. Desa Temajuk memiliki alam yang cantik, seperti pantainya. adalah sebuah desa yang berada di ujung barat Pulau Kalimantan,  tepatnya berada di perbatasan Indonesia-Serawak Malaysia.

Sehari-hari mereka bekerja dengan berkebun, menjadi nelayan, atau buruh upah di perkebunan milik pengusaha Malaysia,.Jarak pemukiman di antara dua negara sangat dekat, hanya dipisahkan dengan beberapa kebun karet dan lada. Perbedaan kesejahteraan dan fasilitas di antara desa, sedikit banyak menanggung rasa nasionalisme masyarakat. biaya  kesehatan itu memang mahal. mau tidak mau suka tidak suka  jika ingin sehat harus mendapat prioritas dan perhatian 

Sejumlah warga perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kecamatan Jagoibabang Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat sudah terbiasa berobat ke negara tetangga  Warga perbatasan di Jagoibabang ini memang milih berobat ke Malaysia karena berkualitas.dan relatif dekat  sekitar satu jam lebih  Namun warga perbatasan selalu setia dengan NKRI ,selain berobat ke Malaysia warga perbatasan juga menjual hasil bumi mereka ke  Pasar Serikin, Malaysia. dengan mengendarai motor atau mobil

Bahasa Indonesia masih dengan baik, namun sampai saat ini belum dapat menikmati sajian informasi berita dan hiburan Indonesia. kecuali siaran dan sajian informasi dari Radio dan TV  Malaysia. Konsekuensinya, mereka lebih mengetahui berita dan informasi negeri jiran itu dibanding perkembangan ekonomi-politik dari Indonesia.
Transaksi jual beli  dengan Rupiah dan Ringgit Malaysia. Kecamatan Jagoibabang merupakan salah satu pintu pelintas batas negara RI - Malysian di Kalimantan Barat  hampir semua kebutuhan pokok dipasok dari Malaysia. dengan truk-truk berukuran besar sementara  sejumlah warga perbatasan hanya membawa hasil bumi berupa sayuran dengan menggunakan sebuah sepeda motor. ke pasar Serikin, Malaysia itu warga kembali membawa kebutuhan pokok dari Malaysia, seperti, gas elpiji, telur, ayam, minuman kaleng, gula pasir, beras, dan lain sebagainya.



NKRI adalah harga mati


Tahukah anda panjang jalan paralel didaerah perbatasan (995 km) 
hampir sama dengan panjang jalan dari ujung barat - ujung timur pulau jawa ?

Di dalam kata atau singkatan NKRI, terdapat empat unsur pokok yang menentukan makna yang terkandung di dalamnya. antara lain  negara, kesatuan, republik, dan indonesia. Keempat unsur ini secara eksplisit dan tegas menyatakan bahwa indonesia merupakan negara kesatuan sekaligus negara republik.

Dalam UUD 1945 pasal 1 ayat ( 1 ) di jelaskan bahwa “negara  kesatuan yang berbentuk republik.” Adapun dalam UUD 1945 pasal 18 ayat ( 1 ) di jelaskan bahwa “ negara kesatuan republik indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi , kabupaten, dan kota mempunyai pemerintah daerah, yang di atur dengan undang-undang.

Pelaksanaan otonomi daerah dan desentralasi bukanlah semata-mata menjadi ajang bagi-bagi kekuasaan antara pemerintah pusat dan pemrerintah daerah dalam kerangka NKRI. Akan tetapi, pelaksanaannya, dimaksudkan untuk memperkuat NKRI itu sendiri. Otonomi daerah dan desentralasi,  di maksudkan untuk memperkuat pelaksanaan demokrasi, memberdayakan potensi daerah, dan mempercepat pembangunan di daerah-daerah sehingga pemerataan kesejaterahan di seluruh wilayah negara di harapkan  akan lebih cepat dan akan mudah di capai. Jika hal ini terwujud, dengan sendirinya NKRI akan lebih terjaga kekukuhannya dan keutuhannya karena kesejaterahan menjadi faktor pokok terciptanya kemantapan stabilitas, keamanan dan ketertiban.
 
Kita semua merupakan bangsa Indonesia yang bertempat tinggal dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.  pengertian/definisi dari “bangsa” dan “negara” mempunyai suatu perbedaan,,bangsa merupakan suatu masyarakat di dalam suatu daerah yang sama dan juga mereka pun patuh kepada kedaulatan negara. Bangsa juga merupakan suatu persekutuan hidup yang mana berdiri sendiri dan juga pada setiap anggota persekutuan hidup yang disebutkan itu merasa mempunyai kesatuan ras, bahasa, agama, dan juga adat istiadat.
   
Jadi Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang memiliki rasa kesatuan dalam hidup bermasyarakat, saling bersatu sebagai sesama masyarakat dalam satu negara, saling membantu karena manusia tidak mungkin dapat hidup sendiri dalam suatu wilayah negara.

Pemerataan Pembangunan daerah tentunya berperan penting dalam rangka tegaknya NKRI di republik Indonesia tercinta dengan menengok sejenak Jalan paralel perbatasan adalah jalan yang menghubungkan ujung barat Kalbar di Kabupaten Sambas dan ujung timur di Kabupaten Kapuas Hulu. Jalan itu akan berada di sekitar garis batas negara Indonesia dan Malaysia, yang jaraknya (996 km) hampir sama panjang jalan trans pulau jawa (1000 km)  yang merupakan jalan paralel perbatasan itu sudah menjadi jalan strategis nasional. Jalan paralel perbatasan akan melalui lima kabupaten perbatasan, yakni Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang, dan Kapuas Hulu.
.
Di sepanjang perbatasan Kalbar, pusat-pusat perekonomian  yang baru mulai tumbuh baru ada di wilayah Aruk, Jagoi Babang, dan Entikong di Kabupaten Sanggau serta Nanga Badau.. Jalan paralel perbatasan akan menghubungkan titik-titik pertumbuhan ekonomi itu sehingga perekonomian di perbatasan akan cepat tumbuh serta memperkuat NKRI  Keseriusan pemerintah pusat membangun jalan paralel perbatasan Indonesia dan Malaysia di Kalimantan Barat wacana yang sudah bergulir namun hingga saat ini realisasinya masih dinantikan,. dengan  tersedianya infra struktur jalan di wilayah tersebut maka dengan sendirinya infra struktur lainnya, sarana dan prasaranya dari semua sektor akan ikut bepacu sesuai dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat didaerah perbatasan tersebut 


Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. OPTIMALISASI SUMBER DAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger