TIME

Home » » BETERNAK ANGSA DI PEKARANGAN RUMAH

BETERNAK ANGSA DI PEKARANGAN RUMAH

Written By Andi Bakhtiar Arsyad on Senin, 15 Juli 2013 | 00.03.00


Dalam mengisi waktu senggang dirumah tangga pada sore hari bagi  yang memiliki hobby beternak tentunya sangat menyenangkan jika kita  memilih salah satu ternak piaraan yang bisa meberikan nilai tambah yaitu beternak Angsa dipekarangan rumah 

Angsa adalah burung air berukuran besar dari genus Cygnus famili Anatidae. Bebek dan Angsa berleher pendek  masuk ke dalam sub famili Anserinae dengan suku sendiri, yaitu suku Cygnini. spesies dalam genus Cygnus sebagai berikut.


Jenis Angsa :


  •  Cygnus dan olor berarti "angsa", dalam bahasa Yunani Kuno dan bahasa Latin 
  • Angsa Putih,   adalah bagian dari keluarga bebek, angsa dan itik Anatidae. 
  • Angsa Trompet, 
  • Angsa Whooper dapat mencapai panjang 60 inci dan berat 50 pound, bentangan sayap mereka dapat mencapai panjang tiga meter. memiliki kaki dan leher yang lebih besar. Pada angsa dewasa, mereka mempunyai tanda berupa kulit yang tidak ditutupi bulu di antara mata dan paruh. Angsa jantan dan betina mirip, tidak menunjukkan sifat dimorfisme seksual. Namun ukuran angsa jantan umumnya lebih besar dan lebih berat.
  •  Di belahan bumi utara memiliki warna bulu yang putih bersih, namun angsa di belahan bumi selatan campeuran warna hitam dan putih. 
  • Angsa Hitam Australia (Cygnus atratus) berwarna hitam secara keseluruhan kecuali bulu yang dugunakan untuk terbang pada bagian sayapnya. Angsa hitam muda berwarna abu-abu cerah. Di Amerika Selatan, Angsa Berleher Hitam memiliki leher berwarna hitam sesuai namanya. Kaki angsa umumnya berwarna abu-abu gelap, kecuali dua spesies yang berasal dari Amerika Selatan yang memiliki kaki berwarna merah muda. Warna paruh bervariasi; spesies subartik memiliki paruh berwarna hitam dengan campuran warna kuning. Yang lainnya berwarna merah dan hitam.

Angsa Embden

Angsa makan di daratan dan di air.  bersifat herbivora, dimana sejumlah kecil hewan menjadi mangsa mereka. dengan menyaring air yang terdiri dari akar-akaran, batang, dan daun tanaman dalam air.

Ukuran rata-rata telur angsa adalah tinggi (113 mm) diameter (74 mm) dan berat (340 g). Inkubasi berlangsung selama 34-45 hari.

Beternak  angsa  makin langka. saat ini padahal tanpa makanan yang khusus, angsa dapat berkembang biak dengan lebih baik dibandingkan kebanyakan unggas lainnya. Angsa tergolong sangat bandel dan relatif mudah tumbuh menjadi besar. Mereka rentang terhadap penyakit dan hampir tidak memerlukan obat-obatan.dan dapat menjadi ternak peliharaan yang baik di pekarangan rumah

Kandang dan peralatan

Angsa Afrika
Biarkan mereka berkeliaran di halaman belakang sampai batas tertentu. Kandang diperlukan sebagai tempat berteduh dari hujan lebat dan angin kencang disamping sebagai tempat tidurnya. Ukuran kandang yang dianggap memadai untuk tiap ekor angsa cukup dengan 1 meter persegi selebihnya  sebagai pekarangannya, diusahakan atap tidak bocor agar waktu hujan tetap kering. Makanan diberikan dalam kandang  dengan baskom plastik yang terbuka. minumannya  berada di luar kandang untuk menjaga agar kandang tetap kering. tempat  bertelur. dibuat dari kotak kayu yang di dalamnya diberi alas dari serutan kayu atau rumput kering. kandang harus cukup sirkulasi cahaya  percepatan produksi telur.

Makanan

Angsa Toulouse
Dalam masa pembiakan, pemberian 15% protein ditambah vitamin dalam kadar yang sama seperti untuk ayam dalam masa pembiakan dianggap telah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi. Makanan sebaiknya tetap tersedia, demikian pula halnya dengan kulit kerang dan pasir. Makanan lainnya tidak ada yang spesifik, dedak dicampur sayuran atau sisa makananpun tidak menjadi masalah. Angsa sangat lahap dalam memakan rumput atau daun-daunan. Dibawah ini adalah tabel komposisi nutrisi sebagai acuan apabila memungkinkan untuk memberikannya.



Komposisi bahan
Starter
Grower-Finisher(Range)
Ground yellow corn
15
20
Ground barley
20
25
Ground oats
20
25
Meat scrap (50%)
2
3
Soybean oil meal (47%)
21,5
4
Dried whey
2
-
Dehidrated alfalfa meal (17%)
3
-
Dicalcium phosphate
0,5
-
Iodized salt
1
1
TOTAL
100
100
Tambahan:


Riboflavin
2 gram/ton
-
Niacin
20 gram/ton
-
Vitamin B12
6 miligram/ton
-


 Untuk dikonsumsi yang baik 4 sampai 6 bulan. Keram mereka pada sangkar yang lebih kecil dan berikan makanan penuh (full feed) 3 atau 4 minggu sebelum  dikonsumsi

Dengan memberi makan penuh  sepanjang masa pertumbuhan.akan mencapai berat yang diinginkan (5,5 sampai 7,5 kilogram) dalam waktu 12 sampai 14 minggu, maka kondisi bulunya akan banyak bulu-bulu pendek yang akan sulit dicabut dan dibersihkan. Setelah lewat 14 minggu, kondisi bulunya akan cepat membaik. Jadi ada baiknya menghemat rumput dengan membatasi pemberiannya pada masa awal dan berkonsentrasi pada masa akhir menjelang dikonsumsi atau dipasarkan

Ada baiknya 1 ekor jantan  4 atau 5 betina.. Prosentase keberhasilan penetasannyapun semakin baik. Induk angsa dapat terus memproduksi telur sampai 10 tahun. kemampuan reproduksi angsa jantan lebih cepat menurun dibandingkan angsa betina.

Pada musim hujan. telur dijaga dengan baik agar . temperatur  pada tempat penyimpanan telur adalah 7 sampai 13°C dengan kelembaban relatif paling kecil 70%. Bila telur akan disimpan lebih dari dua hari, balikkan tiap hari agar prosentase penetasannya meningkat.

Masa penginkubasian telur angsa yaitu  antara 29 sampai 30 hari.



Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. OPTIMALISASI SUMBER DAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger