TIME

Home » » Gempa skala 5,9 SR mengguncang Malang Raya

Gempa skala 5,9 SR mengguncang Malang Raya

Written By Unknown on Selasa, 09 Juli 2013 | 09.16.00



Gempa bermagnitudo 5,9 skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Malang Raya--Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu--pada Senin, 8 Juli 2013, sempat membuat panik warga dan nelayan di Pantai Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang.
Mereka sempat mengungsi ke tempat yang tinggi lantaran khawatir terjadi tsunami setelah melihat permukaan laut bergelombang cukup tinggi. Untuk sementara mereka menghentikan aktivitas. 

Stasiun Geofisika Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, mencatat gempa terjadi pada pukul 09.13 selama 3-5 detik. Lokasi gempa berada pada koordinat 9,16 Lintang Selatan, 113.00 Bujur Timur, pada kedalaman 10 kilometer Samudra Hindia, yang berjarak 112 kilometer tenggara Malang, 114 kilometer barat daya Lumajang, 130 kilometer barat daya Jember, atau 202 kilometer tenggara Surabaya, dan pada kedalaman 10 kilometer.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang telah menerjunkan 4 tim reaksi cepat untuk melakukan pendataan dampak gempa. Total ada 124 rumah rusak yang meliputi 11 rumah rusak berat, 18 rumah rusak sedang, dan 95 rumah rusak ringan di 5 kecamatan.

Kerusakan rumah tersebut terdapat di lima kecamatan yaitu Dampit (2 unit rumah rusak ringan), Ampel Gading (2 rusak ringan), Tirto Mulyo (2 rusak berat, 2 rusak sedang, 9 rusak ringan), Gedangan (1 rusak berat) dan Kecamatan Sumber Manjing Wetan (8 rusak berat, 16 rusak sedang, 52 rusak ringan).

Masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terkait terjadinya gempa dengan magnitude yang cukup besar, seperti di Aceh 6,2 sr, Pagai Selatan 6,1 sr dan Malang 5,9 sr. Gempa bersifat mendadak dan tidak dapat diprediksikan. Saat merasakan gempa segera keluar dari rumah dan mencari tempat yang aman. Jika di pantai segera mencari tempat yang tinggi dan aman.

sumber link disini
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. OPTIMALISASI SUMBER DAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger