Perkembangan teknologi membawa pengaruh
besar terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. sebagai dampak
perkembangan ini secara luar biasa. Digital marketing, menjadi sebuah
trend yang saat ini sudah banyak dilakukan oleh sebagian orang di dunia
bisnis. dunia digital akan terus berkembang
seiring perkembangan zaman dan kebutuhan manusia. bagi setiap pelaku digital marketing
tentu saja berbeda – beda. Mulai dari apa yang mereka kerjakan, mereka
amati dan dari jenis sosial media yang menjadi favorit mereka. Ini
sebabnya, 7 jenis digital marketing yang ada dalam sebuah bisnis.sebagai berikut
1. The data whiz
- adalah jenis digital marketing tentang bagaimana menganalisa
dan mengelola data dari sebuah kegiatan promosi melalui media digital.
- menganalisa setiap data yang didapatkan ketika mereka
mengirimkan sebuah email penawaran kepada pelanggan.
- melakukan pengujian terhadap siapa saja yang melakukan call to action
terhadap email yang dikirim.
- menganalisa untuk waktu pengiriman email marketing. Dan sekitar 97% akan
menganalisa dan menguji tentang subject email yang benar – benar
menarik perhatian pembaca.
2. The E-Artiste
- mendesain bagaimana sebuah tampilan digital marketing mampu
menjadi daya tarik bagi siapapun yang melihatnya.
- mendesain sebuah tampilan konten yang akan dimuat di sosial media.
- menguji berapa banyak yang menyukai konten visual
ketimbang hanya sebuah tulisan.
- konten visual
menjadi daya tarik yang cukup besar untuk proses promosi dimedia apapun.
- menyukai sebuah informasi yang disajikan dengan
singkat, padat, jelas dan juga menarik.
3. The social media master
- melihat dan mengamati perkembangan sosial media.
- menganalisa apakah satu sosial media memiliki sebuah
bug yang nantinya akan berpengaruh terhadap penggunaannya.
- sosial
media menjadi satu tempat untuk promosi bisnis yang mudah digunakan,
sehingga akan banyak yang menggunakannya sebagai sarana promosi bisnis.
- pengguna sosial media akan membagikan konten
yang mereka sukai kepada orang lain. Ini akan menjadi peluang bagi
sebuah bisnis yang menggunakan sosial media untuk promosi.
- konten yang
dibuat haruslah menarik sehingga mampu membuat pengguna sosial media
tertarik dan membagikannya.
4. The beta taster
- menyukai sosial media apapun yang masih dalam versi
beta.
- terobsesi dengan segala kegiatan digital marketing yang
baru.
- mendapatkan data tentang penggunaan perangkat dalam
kegiatan digital marketing mereka. 1 dari 5 orang dewasa menggunakan
lebih dari 4 perangkat untuk bersosial media perminggunya,
- melakukan kegiatan digital marketing.
5. The marketing megaphone
- menggunakan sosial media Twitter.
- menggunakan
simbol – simbol ataupun hashtag untuk memperjelas maksud dari kegiatan
marketing mereka.
- menganalisa berapa banyak yang tertarik
dengan sebuah konten yang menggunakan simbol dengan menggunakan hashtag.
- pengguna Twitter akan menyukai konten yang menggunakan
simbol – simbol,
- lainnya menyukai konten yang
ditambahkan sebuah hashtag didalamnya.
- menemukan jika sebuah
email marketing dengan ucapan terimakasih untuk ikut bergabung dalam
milis pelanggan memiliki target respon
6. The old school advertiser
- “MySpace”, sosial media
yang juga menjadi favorit dari jenis digital marketing ini.
- sosial media yang
lama tapi ternyata MySpace masih digunakan oleh beberapa orang untuk
melakukan digital marketing.
- 1 dari 4 pemasaran digital juga masih
menjaga kegiatan promosi secara offline disamping terus mengembangkan
proses digital marketing online mereka.
7. The snarky marketer
- tahu apa yang dilakukan oleh
timnya benar atau salah. Sosial media favorit mereka adalah blog pribadi
mereka sendiri.
- mengutamakan proses analisa dan kontrol
untuk setiap proses marketing digital yang dilakukan.
- memanfaatkan digital multi channel.