TIME

Home » » TIPS MERAWAT LCD PROYEKTOR

TIPS MERAWAT LCD PROYEKTOR

Written By Unknown on Rabu, 02 Juli 2014 | 21.50.00




Perawatan LCD Proyektor bisa dikatakan gampang-gampang susah dan terkadang bagian ini sering terlewatkan, perawatan ini tentunya bisa mempengaruhi kinerja bahkan umur proyektor. 
Bbeberapa cara atau tips agar proyektor awet dalam waktu yang lama:


1. Penyimpanan proyektor sebaiknya pada tas yang telah dilengkapi fasilitas untuk menghindari goncangan atau getaran. Jika diperlukan, ketika proyektor digunakan, Anda bisa memakai UPS sehingga stabilitas listrik terjamin.
2. Hindari menggunkan proyektor dekat dengan sumber panas dan terkena sinar matahari langsung serta hindari penyimpanan di dalam kendaraan. Panas kendaraan akan merusak proyektor.
3. Sebelum kabel power LCD disambungkan ke saklar listrik, Anda harus memastikan bahwa kabel power, kabel VGA/RGB sudah tersambung.
4. Lebih baik menggunakan remote control yang disertakan ketika menghidup-matikan proyektor. Pada proyektor Hitachi, mematikan proyektor dengan cara menekan 2 kali tombol power. Jangan pernah mematikan proyektor dengan mencabut langsung kabel power.
5. Saat LCD beroperasi, hindari memindahkaan atau mengangkat proyektor. Bola lampu LCD sangat sensitif dengan getaran dan bisa mengakibatkan lampu LCD putus. Apabila tiba-tiba arus terputus, cabut kabel power, karena listrik yang tidak stabil rentan merusak motherboard LCD yang harganya bisa seharga LCD baru.
6. Apabila Anda mematikan LCD pada proyektor Hitachi tunggulah hingga lampu indikator berwarna hijau. Lampu hijau berarti kipas pendingin sudah mati dan kabel power bisa dicabut.
7. Jangan menggunakan proyektor secara terus-menerus dalam waktu yang lama, istirahatkan proyektor beberapa waktu untuk pendinginan lampu proyektor. Pada proyektor Hitachi terdapat menu Blank Button yang berfungsi menghilangkan tampilan tanpa harus mematikan proyektor, sehingga bisa diistirahatkan sejenak.
8. Bersihkan filter proyektor secara berkala (dua – tiga) minggu sekali, apalagi jika sering dugunakan agak terbuka akan mudah sekali berdebu. Proyektor Hitachi telah dilengkapi dengan teknologi Hybrid Filter sehingga memudahkan perawatan dan memperkecil biaya perawatan.
9. Ketika digunakan, pastikan bahwa kipas tidak terhalang, sehingga pembuangan udara panas bisa berjalan dengan baik. Jika terhalang, kemungkinan akan terjadi overheating.
Demikian beberapa tips Perawatan LCD Proyektor agar bisa bertahan lama, semoga bermanfaat.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. OPTIMALISASI SUMBER DAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger