TIME

Home » » PESERTA AASCS SEPAKATI PEMBANGUNAN BERBASIS TEKNOLOGI

PESERTA AASCS SEPAKATI PEMBANGUNAN BERBASIS TEKNOLOGI

Written By Unknown on Jumat, 24 April 2015 | 10.43.00

 AACC2015, Bandung - Seluruh walikota yang hadir dalam kegiatan Asia Africa Smart City Summit (AASCS) sepakat pembangunan kota berbasis teknologi.
"Kita menggunakan teknologi supaya mampu memberitahukan rakyat akan adanya bencana," ujar Walikota Sorsogon, Filipina, Manuel Fortes Jr di Acara Asia Africa Smart City Summit, Bandung, Kamis (23/4).
Pembangunan dengan mengutamakan teknologi, sangat membantu pemerintah dalam menghadapi serangkaian permasalahan. Diakui Manuel Fortes, jika pembangunan kota dengan konsep Smart City mampu membantu ia dalam memprediksi potensi bencana alam. Adanya teknologi tersebut dapat meminimalkan jumlah korban didaerah yang terkena dampak bencana.
Dia menjelaskan, penggunaan teknologi untuk melacak terjadinya bencana alam uang terkadi diwilayah akan terus dikembangkan. Dalam rangka mencegah terjadinya bencana alam yang dapat menimbulkan kerugian secara materi dan non materi. "Itu yang sedang kami hadapi dan fokuskan saat ini, maka kami membangun kota dengan berbasiskan smart city," imbuhnya.
Senada dengan hal di atas, Walikota Rabbat, Maroko, Abdelmonnime El Madani menjelaskan, saat ini tengah membangun kota dengan konsep smart city dengan mengutamakan pengelolaan sampah sebagai fokus utamanya. "Kita membangun pengaturan sampah melalui komputer dari mulai mengumpulkan hingga mengolah sampah," imbuhnya.
Sampah yang dikumpulkan, lanjut dia, menggunakan teknologi GPS, sehingga dapat menampilkan daerah mana yang memiliki sampah yang banyak.
Pembangunan kota dengan menggunakan konsep smart city juga dapat menjadi solusi dalam kemacetan yang dihadapi oleh Walikota Bogor Bima Arya, Indonesia, ia mengatakan teknologi dapat mencarikan solusi dalam mengatasi kemacetan yang melanda kotanya. "Biarlah teknologi yang menjadi solusi dalam setiap permasalah di Kota Bogor," tuturnya.(Foto: Host, Redaktur: Gusti Andry))
rn
Ia percaya dengan membangun kota berdasarkan konsep smart city dapat berdampak positif bagi kehidupan masyarakat Bogor. "Smart city adalah pasion kita untuk melayani masyarakat dan rakyat dan memperbaiki fasilitas publik," imbuhnya.
rn
Arya berharap, adanya AASCS dapat menyebarkan betapa penting pembangunan kota dengan berlandaskan smart city dan juga mendorong terwujudnya pembangunannya. Tak hanya itu, masyarakat dapat promosikan dan mendukung adanya smart city di seluruh dunia.
sumber
Asian African Conference


Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. OPTIMALISASI SUMBER DAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger