TIME

Home » » REKAYASA FUNGSI ROTATOR ANTENA

REKAYASA FUNGSI ROTATOR ANTENA

Written By Andi Bakhtiar Arsyad on Minggu, 12 Mei 2013 | 23.38.00



Rekayasa rotator  ditujukan untuk memungkinkan pengoperasian beberapa pemancar pada frekuensi berbeda jenis antena pada satu tower dengan harapan perangkat radio dapat diproteksi dengan  mengisolasi pemancar satu sama lain kurang lebih dari 26dB, sehingga menghindari intermodulation antara mereka.

Sebuah rotator antena adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah orientasi dari antena directional. Kebanyakan rotator antena memiliki dua bagian, unit rotator dan controller. Controller biasanya ditempatkan di dekat peralatan yang antena terhubung ke, sementara alat pemutar dipasang pada tiang antena langsung di bawah antena.

Rotator yang umum digunakan dalam radio amatir dan instalasi komunikasi militer. Mereka juga digunakan dengan TV dan FM antena, di mana stasiun yang tersedia dari berbagai arah, karena biaya rotator yang secara signifikan lebih rendah dari memasang antena kedua untuk menerima stasiun dari berbagai arah.

Rotator diproduksi untuk berbagai ukuran antena dan instalasi. Misalnya, rotator antena V-UHF konsumen memiliki daya yang cukup untuk mengubah V=UHF antena.

Rotator dengan beban  berat dirancang untuk menghidupkan sangat besar, berat, frekuensi tinggi (gelombang pendek) antena rotary,(HF)


Dalam memilih antena direktif, kita tidak bisa melupakan sistem rotasi inavoidable nya. Peran utama rotator adalah untuk ... mengubah antena di 360 ° dan, opsional, untuk mendukung berat antena dan satu tiang pendukung, tidak lebih.

Pentingnya mnggunakan Rotator adalah  tidak lebih sebagai antena sejauh ini adalah aksesori mekanik, subjek untuk mengatur, rotasi, torsi, getaran, suhu dan kelembaban perubahan, jika tidak stroke petir.  ketahanan dan kehandalan sangat penting, lebih-lebih saat terpasang 10 m (30 ') tinggi dan mungkin sulit untuk mengakses, Anda harus memiliki menempatkannya di sana dan melupakannya!

Rotator dalam beberapa kelas memiliki kemampuan tdak lebih dari 5 kg (10 lbs.) Cocok untuk mengubah antena  tidak lebih besar dari V - UHF Yagi dengan tugas rotator tertinggi 50 kg (£ 100.) Atau lebih mampu mendorong ditumpuk multi-band Yagis terbuat dari stainless steel. Untuk lengkap kita harus menambahkan listrik sesuai stepper-motor untuk mengubah Yagis full-length pada band rendah,  yang mampu mengubah semua yang Anda inginkan, 

Sebuah antena rotary yang terpengaruh terhadap angin kencang melebihi kekuatan mereka, itu akan berubah tak berujung di bantalan bola, dalam arah langsung atau sebaliknya,  kadang-kadang dapat merusak gigi. Jadi, selalu pilih rotator  termasuk sistem pengereman. Sebagian besar Rotator tugas ringan dapat bertujuan 3-band 3-elemen HF  terbuat dari stainless steel,

Rekayasa ini di perlukan  jika Anda bekerja dengan beban yang ringan atau sangat berat, tapi pada batas yang akan diangkut,  untuk memilih model yang lebih tinggi, lebih kuat, dengan tetap memperhatikan faktor keamanan.
(sisi rekayasa dalam mengurangi ketegangan pada bantalan, dengan tidak menggunakan  material yang tidak tahan denga cuaca misalnya atau mengubahnya terlalu cepat oleh suhu cooldest).


Beberapa hal harus diperhatikan  ketika memilih sistem rotator. 
  • Mengetahui  apa yang ingin di lakukan dengan sistem rotator: apakah Anda perlu untuk memindahkan antena di ketinggian atau hanya azimuth? 
  • Mengetahui arah sumber pancaran  atau aurora ketika mereka tinggi di langit atau Anda tidak bekerja dengan cara ini
  • Mengarahkan sistem anda secara otomatis, oleh perangkat lunak atau secara manual
  •  Fungsi unit kontrol antena Anda (analog, digital) dan salah satu dari antarmuka opsional (menghubungkan unit kontrol ke komputer) dan perangkat lunak terkait (setup dan perangkat lunak untuk arah tujuan pancaran).

Sistem bekerja dalam putaran 2 Dimensi atau 3 dimensi

Dalam hal sistem berputar, persyaratan pada VHF bisa agak berbeda dari kebutuhan operator HF. Jika Anda tertarik untuk bekerja dengan satelit misalnya atau di Aurora, MS, Tropo dan kegiatan lainnya EME, Anda memerlukan sistem berputar mampu mengarahkan Anda V - UHF antena dalam 3D, demhan menggunakan  dua pesawat. Sehingga Anda harus mengontrol azimuth dan sudut elevasi. Untuk beroperasi pada "stabil" peristiwa cuaca yang selalu tinggal atau berkembang dalam kuadran yang sama dari langit dalam beberapa derajat, Anda dapat bertujuan antena dalam 2 langkah, bergerak pertama sumbu azimut, kemudian menaikkan sumbu elevasi pada target Anda. Sebuah solusi murah adalah untuk mempercayakan fungsi ini untuk 2 Rotator, salah satu yang melekat pada sumbu elevasi yang lain pada sumbu azimuth. Tentu saja sistem ini harus dikaitkan dengan kotak kontrol sangat diperlukan nya.

Tapi dalam menggunakan dua Rotator independen pelacakan bukanlah secepat atau seakurat menggunakan secara simultan baik Rotator, gerakan mereka dikendalikan oleh kartu antarmuka dipasang di komputer. Ini akan menjadi wajib untuk beroperasi dengan satelit ham seperti OA, OSCAR Tahap III atau menerima gambar yang dikirimkan oleh satelit cuaca seperti memancarkan NOAA di 137 MHz. Memang, satelit ini ditempatkan pada orbit kutub yang sangat inclinated atas khatulistiwa dan lintas demikian tinggi di langit dengan kecepatan mencapai 18 ° per menit atau setara dengan 4 kali lebar kepalan tangan Anda, lengan ketat. Mengetahui bahwa 20-elemen V - UHF balok menunjukkan bandwitdth setengah-daya sekitar 25 ° dan 20 ° dengan 30 elemen, Anda akan perlu untuk tujuan beam antena dengan akurasi dalam 20 ° atau sekitar satu menit waktu. Tentu saja selalu mungkin, dan banyakamatir radio bekerja dengan cara ini, untuk menggunakan rencana antena tanah untuk bekerja dengan satelit, termasuk packet radio dengan ISS.

Jika Anda ingin mengontrol kedua sumbu antena secara bersamaan, konfigurasi terbaik adalah dengan menggunakan Yagi menggantikan ruang lingkup. Namun solusi ini lebih mahal daripada rotator tugas ringan, apalagi unsur Keplerian satelit ham tidak sama sekali atau tidak semua termasuk dalam built-in database objek yang sistem secara otomatis dapat melacak.

Dalam semua kasus, segera setelah Anda menggunakan rotator, berencana untuk memiliki dua kabel atau beberapa lari ke gubuk Anda: garis pakan antena dan rotator membujuk.     Jika Anda bekerja pada HF,      V - UHF band, menambah menara, dekat antena, yang penting preamplifier kebisingan rendah menunjukkan  kebisingan khas sekitar 0,5 dB. Feed line Anda sehingga harus dari kualitas terbaik untuk  yang sama atau hampir. Oleh karena itu pada HF, V - UHF, jika  antena ditempatkan di atas beberapa meter dari transceiver Anda, Anda harus mengganti baris biasa feed  dengan garis kerugian yang sangat rendah menunjukkan redaman kurang dari 2 dB per 30m (100 ft). Belden 9913 dan impedansi rendah "Hardlines" menghormati nilai ini dan waterproofed. akan menemukan aksesori ini

Akhirnya jangan lupa bahwa semua bahan ini kecuali rotator, apa termasuk preamplifier, converter opsional, filter, relay tambahan, dan power supply tidak tahan cuaca. Mereka harus terbungkus dalam kotak tahan air di dasar menara atau antena, seperti harus persimpangan antara jalur feed  dan konektor coaxial  (PL-259 dan SO-239 colokan tidak tahan cuaca).

Secara keseluruhan instalasi VHF mungkin terlihat kompleks bagi operator HF tidak cocok untuk bekerja pada band atas. Namun, diambil secara individual, perangkat per perangkat, kabel per kabel, seperti instalasi mudah untuk setup. .

Sumber (di ambil dari berbagai artikel)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. OPTIMALISASI SUMBER DAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger