TIME

Home » » GERHANA MATAHARI

GERHANA MATAHARI

Written By Unknown on Sabtu, 21 Maret 2015 | 15.33.00

  

Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.
Ketika gerhana Matahari sedang berlangsung, umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana
 
Gerhana Matahari dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu:
  • Gerhana total terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.
  • Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.
  • Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.
  • Gerhana hibrida bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang

TIPS  Menyaksikan Langsung Gerhana Matahari
Menatap langsung matahari saat gerhana berlangsung bisa mencederai mata dan berakibat fatal, yakni kebutaan. Ada dua cara aman untuk menyaksikan langsung fenomena alam yang amat jarang terjadi ini.
  • dengan menggunakan kacamata khusus untuk menyaksikan gerhana matahari. Kacamata ini mirip dengan kacamata 3D. Terbuat dari karton dengan material khusus yang terpasang pada bagian depan mata. Material ini bisa “menjinakkan” hingga 100 ribu kali radiasi sinar matahari saat gerhana berlangsung. Pastikan sebelum menggunakan kacamata khusus gerhana ini, Anda memeriksanya dengan seksama. Pastikan tak ada lubang maupun goresan, karena kacamata ini hanya aman digunakan dalam kondisi baik atau tak mengalami kerusakan. Menggunakan kacamata agar bisa melihat langsung gerhana matahari, menurut Daniel Hardiman-McCartney ahli dari College of Optometrists, tak bisa memberi perlindungan maksimal pada mata. Pun dengan melihatnya melalui teleskop maupun teropong, yang juga berisiko tinggi mencederai mata.
  • menggunakan metode proyeksi pinhole. Gunakan karton dan lubangi karton tersebut. Pegang karton ke atas dan pastikan Anda memunggungi matahari saat memegangnya. Gambar gerhana matahari ini akan diproyeksikan oleh lubang pada karton ke selembar kertas atau karton tipis.
Para ahli memperingatkan untuk tak melakukan foto selfie saat gerhana matahari total berlangsung.  Gerhana matahari total yang terjadi 10 Maret tahun ini hanya akan terlihat di daratan Eropa, seperti Atlantik Utara dan Samudra Arktik, Greenland, Islandia, Irlandia, Inggris, Kepulauan Faroe dan Norwegia utara.
Berfoto selfie saat gerhana matahari sama bahayanya dengan melihatnya langsung atau mengabadikan momen itu melalui kamera. Orang akan berusaha untuk mencari angle atau posisi terbaik saat selfie, sehingga kemungkinan untuk menatap langsung matahari sangat besar.
Menatap langsung matahari saat gerhana terjadi sangat membahayakan mata karena bisa menyebabkan kebutaan. Menurut penjelasan College of Optometrists, radiasi yang dipancarkan matahari saat itu sangatlah besar dan ini bisa membakar retina mata. Rusaknya retina, berarti mata tak lagi bisa melihat.

dikutip dari berbagai sumber:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fd/Solar_eclipse_animate_%282006-Mar-29%29.gif

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. OPTIMALISASI SUMBER DAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger